Valcke menandatangani surat FIFA tentang LPI



Kejanggalan terdapat dalam surat balasan FIFA mengenai tanggapan Liga Primer Indonesia (LPI) yang diterima oleh PSSI. Sebab, surat tersebut tidak ditandatangani oleh badan sepak bola tertinggi di dunia tersebut. Surat tersebut ditunjukkan oleh Sekjen PSSI Nugraha Besoes dalam jumpa pers yang diselenggarakan di Hotel Century, Kamis (13/1/2011).

Surat tersebut tidak memiliki tanda tangan sehingga tidak diketahui jelas siapa pihak FIFA yang menulis surat tersebut. Bahkan, dalam surat yang ditulis dengan bahasa Inggris tersebut tidak dibubuhi stempel FIFA.

Surat tersebut merupakan balasan FIFA atas laporan PSSI mengenai LPI. Dalam surat yang dikirimkan lewat faksimile tertanggal 13 Januari tersebut, FIFA meminta agar PSSI memberi sanksi kepada pihak-pihak yang terkait dalam kompetisi bentukan Arifin Panigoro tersebut.

Kejanggalan juga ditemui dalam surat terjemahan yang dibuat oleh PSSI. Dalam sudut kiri bawah surat tersebut disediakan kolom untuk tanda tangan General Secretary FIFA Jerome Valcke. Padahal, hal tersebut tidak ditemui pada surat asli.

Nugraha juga seperti hati-hati menunjukkan kedua surat tersebut kepada wartawan. Ia hanya menunjukkan surat terjemahan kepada wartawan tanpa menunjukkan surat asli. Terkait hal tersebut, Nugraha mengklaim surat tersebut ditandatangani oleh FIFA. "Tanda tangan Sekjen ada di lembaran kedua," jelas Nugraha.

Selang 1 hari setelah kejadian tersebut (hari ini 14/1/2011) surat dari FIFA kepada PSSI terkait keberadaan Liga Primer Indonesia (LPI) tsb baru ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal FIFA, Jerome Valcke.

Pada berita itu disampaikan bahwa surat dari FIFA tidak ditandatangani oleh pejabat berwenang. Namun, sesuai copy surat tersebut, seperti yang dikutip dari Kompas.com, terdapat dalam bentuk data komputer berjenis PDF, ada tanda tangan Valcke pada halaman kedua.

Surat tersebut berisi pernyataan bahwa PSSI adalah badan pengelola liga-liga yang ada di Indonesia dan, dengan begitu, berhak memberikan sanksi kepada liga yang diselenggarakan oleh pihak selain PSSI, dalam hal ini LPI.
Sumber: kompas.com
smo