Kendaraan canggih anti macet produksi GM (General Motors)


Saat di Consumer Electronics Show (ECS) 2011, General Motors (GM) memamerkan ‘Electric Networked Vehicle’. Kendaraan ini diklaim antimacet

GM mempublikasikan Electric Networked Vehicle (EN-V) tahun lalu saat di World Expo Shanghai. Produsen mobil bervisi mobilitas berkelanjutan perkotaan ini mengatakan siap memberikan suatu kejutan kendaraan roda dua ini di Consumer Electronics Show 2011 (CES).

Di parkiran luar Las Vegas Convention Center, perancang EN-V beserta teknisinya mendemonstrasikan kemampuan kendaraan itu berkomunikasi secara nirkabel satu sama lain dan menyetir secara otomatis atau manual di bawah kendali sopir.

Kendaraan ini juga mampu menghapusn salah satu hal paling ditakuti sopir perkotaan, yakni keterampilan parkir di set paralel. Prototipe EN-V memiliki tiga rancangan berbeda. Merah dan hitam Jiao ‘kebanggaan’ China terinspirasi dari Opera topeng Beijing. Sedangkan seperti dikutip Scientific american, hijau neon dan abu-abu Miao ‘sihir’ China terinspirasi rumah di perkotaan pada sekuel TRON terbaru.

Sementara itu, Xiao ‘tawa’ China terlihat sedikit seperti helm menyelam tradisional. Solusi pada macetnya lalu lintas kota telah lama dicari. Selama beberapa tahun terakhir, teknisi GM mencari jalan keluarnya melalui pandangan yang berbeda.

Salah satunya yaitu menarik keuntungan dari kemajuan teknologi kendaraan listrik dan jaringan nirkabel (wireless) untuk mengaktifkan modus transportasi yang lebih pribadi, lebih cepat dan lebih aman dibanding motor namun lebih kecil dan lebih ramah lingkungan dibanding mobil. 
Sumber: inilah.com
smo