10 alat modern dan canggih yang dapat mengubah udara menjadi air


Setiap bentuk kehidupan yang ada di bumi sangat memerlukan air sehingga tidak heran jika air dibutuhkan di mana-mana. Oleh karena itu, agar kebutuhan air mencukupi bagi semua makhluk hidup, terutama manusia, telah banyak dikembangkan peralatan yang mampu menghasilkan air dari bahan non cair, misalnya udara. Di sini akan dibahas peralatan-peralatan canggih yang bisa menghasilkan air dengan bahan dasar udara.

1. Max Water 
 

Seorang ilmuwan Australia telah mengembangkan perangkat yang mampu menghasilkan air dari udara. Didukung oleh angin, perangkat ini menggunakan sumber yang sama untuk air juga. Dijuluki Max Air, nama alat ini sesuai dengan nama penemunya yang akan menghasilkan sejumlah besar air menggunakan udara dengan kelembaban rendah. Perangkat persegi empat meter ini bisa mengekstrak rata-rata 7.500 liter air sehari.

2. Watermill 
 

Dikembangkan oleh Element Four, Watermill menghasilkan air dan kemudian menyaring air sehingga dapat langsung dikonsumsi. Perusahaan ini mengklaim bahwa perangkat mereka akan mampu menghasilkan sekitar 3,2 galon air minum segar sehari dalam kondisi ideal yang seharusnya cukup untuk sebuah keluarga.

3. Ersa 
 

Ersa dirancang oleh industri Scott Norrie. Ersa menggunakan energi matahari untuk membuat air dari udara. Desain alat ini juga menggunakan panel surya untuk perangkat onboard daya genggam dan tetesan-charge baterai kendaraan.

4. EcoloBlue 
 

The EcoloBlue Atmospheric Water Generator (AWG) dapat menghasilkan air  hingga 7 galon setiap hari, asalkan udara di sekitar dalam kondisi lembab. Perusahaan berkembang ini menyatakan produk ini bekerja paling baik pada kelembaban 50 persen, tetapi juga dapat bekerja di tingkat kelembaban terendah 30 persen.

Namun, jika udara tidak cukup lembab, Anda dapat menghubungkannya ke sumber air keran sehingga air keran yang tersaring dapat diminum. EcoloBlue dapat ditebus dengan biaya $ 1.350 dan biaya operasional rata-rata hanya 20 sen untuk setiap galon air bersih.

5. RainCloud C-15 
 

The EcoloBlue AtmospheCleanworld Ltd telah mengembangkan sistem RainCloud, yang merupakan alat built-in sistem pemurnian air. Perangkat panen air minum dari udara lembab dan juga bisa menghasilkan air panas maupun dingin. Praktis kan????
6. Dew Drop 
 
 

Desainer industri Jacky Wu telah merancang suatu alat Dew Drop yang memannfaatkan ekstrak air dari udara tipis bagi tanaman. Dew Drop bekerja pada prinsip-prinsip kondensasi. Semua pengguna alat ini harus menanam daun buatan di pot yang sama seperti tanaman dan dihubungkan ke konektor. Air embun pada daun akan diumpankan ke tanaman.

7. DropNet 
 

Industri desain mahasiswa di Jerman Muthesius Akademi Seni Rupa dan Desain, Imke Hoehler, telah menciptakan sebuah sistem yang dapat menghasilkan air minum dari udara tipis dan kabut. Dijuluki DropNet, sistem air ini mengumpulkan air dari udara sampai dengan 20 liter air bersih setiap hari, dan sebuah alat dari beberapa struktur bisa memasok seluruh desa dengan air minum.

8. Groasis Waterboxx
Dibuat oleh pengusaha Belanda Pieter Hoff, Waterboxx Groasis dapat menghasilkan air tawar bahkan di tempat-tempat terkering di dunia. Terinspirasi oleh kotoran burung, perangkat ini dibuat berdasarkan mekanisme kotoran burung yang melindungi biji setelah dicerna akan memberikan kelembaban dan terlindung dari unsur-unsur berbahaya sehingga mereka dapat tumbuh.

9. Solar-powered system to generate potable water

Para ilmuwan di Institut Fraunhofer untuk Teknik Antarmuka dan Bioteknologi IGB percaya bahwa pada kelembaban rata-rata 64 persen, satu meter kubik udara mengandung sekitar 11.5 ml air, yang jika diekstrak dapat menyelesaikan permasalahan miliaran orang yang tinggal di daerah pedesaan.

Sistem ini memanfaatkan air garam higroskopis yang menyerap kelembaban. Ketika solusi ini dibuat untuk lari ke unit menara berbentuk, itu mengisap air dari udara, yang kemudian dimasukkan ke dalam sebuah tangki di mana vakum berlaku. Energi matahari kemudian memanaskan solusi mengkonversi air menjadi uap, yang kemudian terkondensasi dan dikumpulkan.

10. Water Building Resort

Ini mungkin bukan perangkat yang memproduksi air portabel yang Anda cari, tetapi resor konseptual yang indah ini dibangun untuk menjawab isu-isu yang sama. Disusun oleh Orlando de Urrutia, Air Gedung Resort akan menggunakan yang terbaik di bidang teknologi untuk menghasilkan listrik surya, air dari udara dan juga akan membuat air laut yang bisa diminum.
Sumber: beritaunik.net
smo