Mengenal domain dan hosting


Bagi para web designer, baik yang masih pemula maupun profesional, domain dan hosting merupakan dua istilah yang tidak dapat dipisahkan. Kedua istilah tersebut merupakan komponen yang sangat penting dalam membuat website. Keterkaitan antara website, domain dan hosting secara sederhana dapat kita gambarkan sebagai berikut:

  • website : dapat kita gambarkan sebagai rumah tempat kita tinggal.
  • domain : dapat digambarkan sebagai alamat tempat tinggal kita.
  • hosting : dapat digambarkan sebagai ruangan di dalam rumah beserta dengan halaman di sekitar rumah.
Secara lebih mendalam istilah domain dan hosting akan dijelaskan di bawah ini.


1. Domain


Domain adalah alamat website yang kita buat dan memiliki sifat yang unik (setiap website berbeda). Dalam membuat website, domain sangat penting karena berhubungan dengan alamat yang harus dikunjungi oleh seseorang untuk melihat website yang kita buat. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih domain adalah:
  • Unik dan mudah diingat : domain harus mengandung kata-kata yang mudah diingat dan belum digunakan. Misalnya: www.cacingpanas.com, www.akuganteng.com, dll. Disarankan tidak menggunakan domain yang mirip dengan website yang sudah ada. Misalnya: www.fbook.com (mirip dengan facebook.com), www.giggle.com (mirip dengan www.google.com), dll.
  • Tidak lebih dari 3 kata atau maksimal 15 huruf : domain yang baik adalah domain yang tidak panjang karena domain yang panjang sulit untuk diingat dan sebagian orang yang online tidak suka mengetik kalimat yang panjang pada tab url di browser. Misalnya: www.kakiplastik.com (domain yang bagus), www.akumemilikisebuahwebsitebaru.com (domain yang tidak bagus). 
Bila domain untuk website yang akan dibuat sudah ditentukan, domain tersebut harus didaftarkan secara online. Banyak situs-situs di internet yang dapat kita gunakan untuk mendaftarkan domain, baik yang gratis maupun berbayar (harus dibeli). Perbedaan dari domain gratis dan berbayar yaitu:
  • Domain gratis : domain gratis memiliki fitur, fasilitas dan pelayanan yang terbatas. Selain itu, domain yang didaftarkan biasanya tidak bebas memilih dan selalu memiliki embel-embel milik situs tempat pendaftaran domain. Misalnya : jika kita mendaftar domain gratis pada situs www.loyo.com, biasanya domain yang kita daftarkan menjadi www.nama-domain-kita.loyo.com. 
  • Domain berbayar : domain berbayar memiliki fitur, fasilitas dan pelayanan yang lebih lengkap. Selain itu, domain yang didaftarkan tidak memiliki embel-embel. Bagi para web designer sangat disarankan karena dengan domain berbayar kita bebas untuk mengekspresikan keinginan dan kreatifitas kita dalam membuat website. Situs-situs yang menyediakan domain berbayar di internet sangat banyak dan untuk menikmati fasilitas domain berbayar tersebut kita harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Tapi jangan kecewa karena sekarang telah ada situs Indonesia yang menyediakan domain berbayar. Harganya juga sangat murah dengan fasilitas yang lengkap.


2. Hosting

Hosting merupakan tempat kita menyimpan kode html untuk website kita. Kode html merupakan isi dari website yang akan kita tampilkan. Untuk memiliki hosting, kita harus mendaftar di situs-situs yang menyediakan hosting. Hosting juga dapat bersifat gratis maupun berbayar, perbedaannya yaitu:
  • Hosting gratis : seperti domain gratis, hosting yang gratis juga memiliki fitur dan fasilitas yang sedikit. Quota atau kapasitas file yang bisa disimpan juga sangat kecil sehingga sangat tidak disarankan dalam pembuatan website yang menggunakan file yang berkapasitas besar atau website untuk upload dan download file. Hosting gratis hanya disarankan dalam pembuatan website yang sederhana. Selain itu, jika menggunakan hosting gratis, website yang kita buat akan mengandung iklan-iklan sehingga mengurangi space (tempat) pada tampilan website.
  • Hosting berbayar : hosting yang berbayar memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Kapasitasnya tergantung paket yang kita ambil. Oleh karena itu, pemilihan paket hosting berbayar harus mempertimbangkan kapasitas file dari website yang kita buat (tidak kurang dan tidak lebih). Situs-situs yang menyediakan hosting berbayar di internet juga sangat banyak. Seperti domain berbayar, hosting berbayar juga mengharuskan kita mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Beruntung sekarang telah tersedia hosting murah Indonesia dengan banyak pilihan paket yang disediakan. Fasilitas yang tersedia juga lengkap.





Mendaftarkan domain dan hosting

Setelah mendaftar domain dan hosting, hal terakhir yang perlu dilakukan adalah menghubungkan domain dan hosting. Tujuannya agar domain yang kita buat dapat dikunjungi dan dapat menampilkan isi dari website kita. Hal ini perlu dilakukan terutama jika situs yang digunakan untuk mendaftar domain berbeda dengan situs hosting. Secara jelas dapat dilihat dengan skema berikut.

Sirkulasi data yang terjadi saat membuka website

Cara menghubungkan antara domain dan hosting dapat kita lihat di panduan yang tersedia di situs tempat kita mendaftar. Ada satu solusi yang dapat kita gunakan agar tidak perlu melakukan proses penghubungan domain dan hosting. Kita dapat mendaftarkan domain dan hosting di situs Domain dan Hosting Indonesia yang memiliki url http://www.jagoanhosting.com/. Di situs ini fasilitas domain dan hosting sudah tersedia secara lengkap sehingga kita hanya tinggal mendaftarkan domain, membuat hosting dan website kita bisa langsung online. Caranya sangat mudah dan dapat kita lihat secara lengkap lewat video dibawah ini.


Jadi, disini dapat disimpulkan sangat mudah untuk memahami apa itu domain dan hosting. Jika masih ada yang kurang dipahami, silakan kirim email ke happy.day04@yahoo.co.id.
smo