Menemukan patung emas setelah mendapat mimpi



Warga Kelurahan Rimbacandi, Kecamatan Dempo Tengah, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan mengaku menemukan dua patung terbuat dari emas di Bukit Rajemandare di kawasan perbatasan Tanah Besemah dengan Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu.

"Saya menemukan patung naga dan keris garuda berukuran panjang 30 centimeter (cm) diameter 10 cm terbuat dari emas setelah melalui proses ritual dan mimpi yang memberi pentunjuk jika di kawasan Bukit Rajemandare, Dusun Rimbacandi diduga kuat merupakan lokasi candi peninggalan Kerajaan Sriwijaya," kata Ang Barsani, Kamis (27/1/2011).

Hanya orang tertentu saja yang bisa masuk ke kawasan Rimbacandi, selain berada di daerah hutan lindung, untuk sampai ke lokasi ini perlu waktu enam hingga tujuh jam berjalan kaki.

"Kami harus berjalan melewati hutan rimba, bukit terjal, termasuk melintasi beberapa sungai dengan arus cukup deras," ujar dia.

Selama ini sudah cukup banyak penelitian dilakukan untuk mengungkap apa yang terdapat di daerah Bukit Rajemandare, terutama berhubungan dengan kerajaan Sriwijaya.

Di situs tersebut, sangat banyak ditemukan hal aneh, seperti air merah, kolam di atas bukit, batu mirip pintu gerbang candi, dan batu berbentuk beraneka ragam yang diduga sering digunakan manusia zaman dahulu.

"Kalau hal yang gaib cukup banyak ditemukan, seperti badak putih, bangunan terbuat dari emas, candi emas termasuk danau yang dihuni sepasang angsa," katanya.

Masih menurut Ang, untuk mengungkap apa yang terdapat di Bukit Rajemandare perlu ada jangka waktu, apalagi kawasan tersebut masih cukup kental kemistikannya.

"Buktinya saya menemukan dua jenis peralatan berupa patung terbuat dari emas ini harus melalui proses ritual yang diawali dengan mimpi. Namun selama ini daerah itu memang terkenal dengan kawasan yang memiliki peninggalan prasejarah terutama pada masa kerajaan dahulu," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Senibudaya Kota Pagaralam, Safrudin, mengatakan saat ini sudah dibuat kelompok eksplorasi untuk mempelajari beberapa penemuan di daerah Bukit Rajemandare, termasuk keberadaan bukit yang banyak mengundang sejumlah raja-raja nusantara dan Jawa serta Sultan Yogya itu.
Sumber: ANT
smo