Bahaya ngorok


 Mendengkur memicu sejumlah penyakit berbahaya seperti hipertensi, stroke, dan jantung

Mendengkur tidak boleh dianggap wajar dan biasa saja. Gangguan tidur yang dalam istilah kedokteran disebut sleep apnoea itu terjadi akibat penyempitan saluran pernafasan. Dalam kondisi tertentu, gangguan ini dapat berakibat kematian.  Ahli gangguan tidur dari Rumah Sakit St George Sidney Australia, Dr. Peter Cistulli, mengatakan, penyempitan saluran pernafasan mengakibatkan suplai oksigen ke seluruh tubuh terhambat. Pada level tertentu bisa membuat pernafasan terhenti (obstructive sleep apnoea). Kondisi ini bisa terjadi berulang kali dengan durasi sekitar 10-60 detik. “Dalam semalam orang yang mendengkur bisa berhenti bernafas sesaat sebanyak 300 kali,” kata Cistulli.

Rendahnya suplai oksigen membuat seluruh organ tubuh, termasuk jantung dan otak, bekerja keras menjalankan kerjanya masing-masing. Itulah mengapa, mendengkur dalam waktu lama bisa mengakibatkan berbagai penyakit berbahaya seperti hipertensi, stroke, dan jantung. Kadar oksigen yang berubah-ubah dapat merusak lapisan sel dalam pembuluh darah.

Yang perlu diwaspadai adalah ketika suara dengkuran terdengar semakin kuat, tiba-tiba berhenti, dan disusul hentakan nafas. Kondisi itu merangsang organ tubuh, terutama jantung, bekerja lebih kuat untuk menyuplai oksigen. “Dan, saat terbangun biasanya akan merasa sakit kepala dan linglung,” ujarnya.

Mengatasi dengkuran memang tak mudah. Namun, kita bisa meminimalisir gangguan itu dengan beberapa tips dan trik berikut::

1. Tidur miring

Posisi tidur miring akan membuat aliran udara lebih mulus. Sementara tidur telentang atau tengkurap membuat organrespirasi tertekan dan merangsang dengkuran.

2. Kurangi berat badan

Berat badan berlebih atau obesitas menjadi salah satu faktor penyebab seseorang mendengkur. Lipatan lemak di sekitar leher menghambat aliran udara yang keluar masuk.

3. Kurangi konsumsi alkohol

Minuman keras dapat menurunkan kerja sistem saraf di bagian rahang dan tenggorokan yang dapat merangsang suara dengkuran.

4. Berhenti merokok

Racun yang terkandung dalam rokok merangsang gangguan sistem pernafasan yang akhirnya merangsang pola tidur mendengkur.

5. Pakai bantal tinggi 

Penempatan kepala lebih tinggi dari badan membuat pernafasan menjadi lebih mulus dan mencegah terjadinya dengkuran. 

Tips dan trik lainnya menghilangkan ngorok,klik disini.
  Sumber: VIVAnews
smo