Ikan mampu berhitung



Berdasarkan penelitian terhadap ikan malaikat (angelfish), ilmuwan menyimpulkan bahwa ikan tersebut bisa membedakan banyak atau sedikit ditambah lagi mampu berhitung dari 1 sampai 3.

Gerlai dan Luis Gomez-Lalpaza dari University of Oviedo, Spanyol, tertarik dengan anggapan bahwa ikan malaikat memilih masuk ke dalam kelompok besar ketika berada di lingkungan asing. Mereka melakukan hal itu demi keamanan.

Gerlai dan timnya menempatkan ikan dalam sebuah wadah khusus. Ikan tersebut dihadapkan pada dua kelompok dengan jumlah yang berbeda. Para peneliti lalu mencatat kelompok yang dipilih ikan tersebut.

Hasilnya, ikan malaikat mampu memilih kelompok yang lebih besar ketika perbandingan jumlah antara kedua kelompok adalah 2 kali lipat. Ketika perbandingan jumlah lebih kecil dari dua kali, pilihan ikan tidak dapat diprediksi. Dengan temuan ini, para peneliti menarik kesimpulan bahwa ikan malaikat bisa memprediksi jumlah kelompok.

Selain mampu memprediksi jumlah, ikan malaikat juga bisa berhitung secara lebih presisi. "Misalnya, ikan dapat membedakan 2 dengan 3," Gerlai mencontohkan. "Kemampuan ini menunjukkan perhitungan individual, bukan sekadar memperkirakan jumlah," katanya. Gerlai juga menjelaskan, kemampuan berhitung ikan malaikat terbatas hanya sampai 3.

Para ilmuwan menduga, kemampuan berkalkulasi pada ikan ini tidak punya peranan penting bagi ikan. "Makanya, kemampuan ini tidak berevolusi," ujar Gerlai.Tidak seperti kemampuan berhitung, kemampuan memprediksi jumlah kawanan punya keuntungan bagi ikan malaikat. Mereka memilih kelompok yang mereka prediksi lebih banyak demi keamanan dan pencarian makanan. 
Sumber: National Geographic Indonesia
smo