Amber Room, rumah berlapis emas yang misterius



Dari semua harta karun dunia yang hilang, Amber room adalah salah satu yang paling populer. Sebuah ruangan yang dibangun benar-benar berlapiskan emas kuning dan daun emas, sangat luar biasa cantik yang sudah lama dikenal sebagai Keajaiban kedelapan Dunia.

Bangunan yang di bangun pada tahun 1709 ini merupakan tempat Raja Prusia yang kemudian ia berikan sebagai hadiah untuk Tsar Rusia Peter Agung pada 1716. Itu tetap di Rusia selama lebih dari dua ratus tahun dan kemudian menghilang.

Ketika Nazi menyerang Leningrad (St Petersburg) pada tahun 1941, Soviet berusaha menyembunyikan harta karun terkenal mereka. Tapi bagaimanapun, nazi tidak mudah terpedaya. Hanya butuh waktu 36 jam untuk mengambil isi Amber Room ke dalam peti, dan dengan kereta dibawa menuju kota Jerman Konigsberg.

Ketika perang berakhir pada 1945, Soviet mencoba merebut kembali Amber Room. Tapi keajaiban dunia ke-8  tersebut tidak pernah terdeteksi lagi.

Lebih dari 60 tahun terakhir, banyak isu yang tak terhitung terkait keberadaan Amber Room. Ada yang menyatakan hancur dalam pemboman Konigsberg dan ada yang menyatakan bahwa itu terkubur di suatu tempat di Pegunungan Bijih atau terkubur di sebuah kapal selam yang tenggelam ke dasar Laut Baltik.

Tapi sekarang, pemburu harta karun Jerman menyatakan bahwa mereka telah menemukan sebuah goa bawah tanah terlupakan yang mengandung dengan emas peninggalan Nazi. Dan mereka yakin bahwa Ruang Amber juga tersembunyi di dalam. Membuka goa akan sulit, karena diketahui bahwa nazi memasang perangkap di harta mereka dengan bahan peledak.
Sumber: beritaunik.net
smo