Burung bulbul kepala botak ditemukan kembali



Spesies burung bulbul berkepala botak di daratan Asia untuk pertama kalinya ditemukan lagi di Laos setelah tenggelam selama sekitar 100 tahun. Nama latin spesies itu adalah Pycnonotus hualon.

Quentin Wheeler dari International Institute for Species Exploration, Arizona state University memberikan info penemuan ini. Spesies bulbul Asia ini memiliki karakteristik yang unik. Kepalanya botak dengan detail bulu dan warna yang unik. Kicauan dan lengkingan pada setiap suara yang dikicaukan juga berbeda dengan bulbul lain.

Nama spesies ini diambil dari kata dalam bahasa Lao, hualon yang berarti "kepala botak". Spesies ini ditemukan oleh ilmuwan dari Universitas Melbourne dan Wildlife Conservation Society belum lama ini.

Bulbul Asia yang unik ini selama lebih dari 100 tahun telah dideskripsikan keberadaannya di kawasan pegunungan kapur Laos. Upaya pencarian burung di Laos ini dimulai kembali tahun 1990-an setelah 40 tahun mengalami vakum dan baru sekarang mendapatkan hasil. Burung tersebut sudah sangat langka dan terancam punah. 
Sumber: the guardian
smo