Patung kuno romawi ditemukan setelah badai



Badai hebat yang melanda sebuah tebing di pantai tengah Israel telah menyebabkan penemuan patung kuno dari zaman Romawi, kata Otoritas Barang Antik Israel, Selasa (14/12/2010).

Sebuah patung wanita terbuat dari marmer putih itu mengenakan toga dan sandal yang diperkirakan berusia 2.000 tahun. Tingginya 1,2 meter, berat sekitar 200 kilogram, dan ditemukan tanpa kepala atau lengan, demikian menurut berita yang dirilis oleh otoritas itu sebagaimana dilansir CNN, Rabu.

Seseorang yang berjalan di pantai Ashkelon di sebelah barat Jerusalem menemukan patung itu, kata otoritas tersebut. "Patung itu jatuh ke laut ketika tebing di pinggir laut itu roboh akibat dilanda badai," kata Yigal Israel, arkeolog dari Ashkelon. "Reruntuhan itu juga merusak pemandian dan mosaik yang telah berada di tebing itu selama ratusan tahun."

Badai tersebut, salah satu yang terkuat yang pernah melanda Israel dalam beberapa tahun terakhir, membawa angin berkekuatan lebih dari 100 kilometer per jam yang menimbulkan gelombang setinggi 10 meter yang menghantam pantai Israel.
Sumber: kompas.com
smo