tips dan trik unik tampil cantik dan sehat dengan rempah



Rempah dan flora herba faktanya dapat menjaga kesehatan bahkan menyembuhkan beberapa penyakit. Jamu salah satunya, telah menjaga kesehatan para nenek moyang kita hingga saat ini. Meski pun sempat terlupakan karena terseret dengan obat-obatan modern, kini rempah dan herba kembali diperhatikan untuk menjaga kesehatan kita. Sudah ada 17 rumah sakit yang menggunakan jamu dalam proses pengobatan.

Cantik Lewat Bumbu

Selain menjaga kesehatan, bumbu juga bermanfaat luar biasa untuk kecantikan. Banyak produk kecantikan, mengkhususkan diri menggunakan bumbu sebagai bahan utamanya. Kulit kuning langsat didapat karena komponen tabir surya (sunscreen), mengandung kunyit. Pasta kunyit bisa menghilangkan rambut yang tidak diinginkan. Kayu manis menambah keharuman tubuh kita. Masih ada manfaat unik lain dari sereh, pala, ataupun bumbu lainnya.

Hakikatnya tubuh kita merupakan kesatuan sistem yang saling berkaitan. Ingat kisah Elizabeth Gilbert dalam Eat, Pray, Love yang menemukan vitalnya keseimbangan tubuh, pikiran, dan jiwa dalam kehidupan. Rasanya kita juga bisa membuat keseimbangan itu.

Bumbu dan Kesehatan
 
Buat kita yang sibuk, kegunaan rempah-rempah dan herba dapat kita nikmati juga setiap hari. Cara mudahnya dengan memasukkannya ke dalam menu makanan dan minuman sehari-hari. Nikmati kari, atau sup ikan yang berwarna cerah karena kunyit. Jangan lupa nikmati segarnya kunyit asam (bukan hanya saat kita sedang menstruasi saja) atau pun wedang jahe untuk mendapatkan kesegaran dan badan yang sehat.

Kunyit :
1. Dapat digunakan untuk antiseptik. Saat kita terluka, ambil kunyit, cuci bersih, kunyah dan oleskan pada luka, darah akan berhenti mengalir, jangan lupa ke dokter setelah itu.
2. Dapat menghilangkan kolesterol berbahaya, menguatkan kerja hati, menghindari depresi, dan membantu mengurangi berat badan.

Jahe :
1. WHO memberikan info bahwa jahe merupakan tanaman obat-obatan yang paling umum dipakai di dunia.
2. Jahe dapat memacu kelenjar pencernaan untuk meningkatkan selera makan.
3. Jahe segar yang ditumbuk halus dapat digunakan sebagai obat luar sebagai obat mulas.
4. Rasa dan aromanya pedas dapat menghangatkan tubuh dan mengeluarkan keringat.
Sumber: CHIC
smo