Kucing hantu tertangkap kamera



Keberadaan cheetah sahara akhirnya bisa didokumentasikan lewat kamera. Spesies cheetah yang banyak menjadi buruan para fotografer ini tertangkap kamera di wilayah Nigeria, Afrika.

Dalam foto hasil bidikan ilmuwan Saharan Conservation Fund’s Saharan Carnivore Project itu, binatang ini tampak pucat dan tak seperti cheetah lainnya. Situs Live Science mengungkapkan, tampilannya bagai "kucing hantu". Ia tergolong sangat sulit ditemui.

"Cheetah sahara di wilayah ini sangat pemalu, jarang menampakkan diri kepada para peneliti dan pengunjung," kata Thomas Rabeil dari Saharan Conservation Fund (SCF).

Yang unik, kucing hantu ini bisa beradaptasi di wilayah Sahara yang sangat kering. Temperatur lingkungan tempat cheetah hidup bisa mencapai 45 derajat celsius dan sedikit sumber air.

"Mereka mungkin merasa cukup dengan air yang didapatkan dari mangsa, atau mereka memiliki adaptasi fisiologi dan perilaku yang efektif," kata John Newby, CEO Sahara Conservation Fund (SCF).

Walau demikian, kini hewan dengan nama spesies Acinonyx jubatushecki ini jumlahnya bisa sangat sedikit dan dapat dihitung jari. Pada 2009, hewan ini masuk dalam daftar spesies terancam punah menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Para ilmuwan mengatakan, dunia akan kehilangan sifat genetis yang penting dan keragamannya jika spesies ini sampai punah. Oleh karena itu, saat ini sangat dibutuhkan program konservasi yang tepat untuk menyelamatkan kucing hantu ini.
Sumber: epoch time
smo