Review timnas Indonesia, penonton dan kegiatan lain pada pertandingan Indonesia vs Filipina leg 2



Penampilan timnas Indonesia yang memukau di pertandinngan AFF 2010 leg 2 dalam menghadapi Filipina telah menghadirkan banyak kejadian dan aksi-aksi yang sangat mengharukan dan menakjubkan. Disini akan dibahas review pada aspek timnas, penonton dan kejadian-kejadian saat pertandingan ini berlangsung.


1. Pahlawan Indonesia versi siang malam online dari timnas Indonesia


Pahlawan kita pertama dan pasti menjadi suatu sosok yang sangat dibanggakan adalah Striker Christian Gonzales alias Mustafa Habibie yang berhasil membawa tim nasional (Timnas) Indonesia kembali membungkam Filipina sekaligus memastikan Indonesia lolos ke babak final Piala AFF 2010. Di final nanti, Indonesia yang unggul 1-0 dan menyingkirkan Filipina dengan agregat 2-0 akan bertemu Malaysia yang lolos setelah menyingkirkan Vietnam.

Aksi heroik Christian Gonzales pada menit ke-43 sontak membuat Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta dan umumnya rakyat Indonesia bergetar. Sekitar 85.000 penonton yang memadati stadion menyambut histeris gol semata wayang yang dibuat pemain hasil naturalisasi itu.


Pahlawan kita yang kedua adalah Muhammad Nasuha. Sosok nasuha bagi timnas dan semua pendukung tim merah putih sangat memukau dan heroik. meskipun dengan cedera kepala dan sampai sekarang masih memakai pelindung kepala sementara ia tetap sanggup berjuang demi bangsa dan negara dalam membela tim merah putih di pertandingan ini. Bahkan ada penyelamatan bola yang sangat cerdas yang dilakukannya dengan mengorbankan kepalanya yang cedera. Nasuha juga memiliki jiwa besar yang tinggi dan tidak terpancing dengan perlakukan kasar dari pemain Filipina. Sangat pantas nasuha diberikan acungan jempol atas perjuangannya. SETUJU KAN....

2. Penonton di sepanjang jalan Gajah Mada Pontianak mencapai lebih dari seribu orang 


Pertandingan Indonesia vs Filipina merupakan suatu even yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua orang di Kota Pontianak dari berbagai kalangan. Jalan Gajah Mada yang pada malam biasa padat, pada malam pertandingan ini turun kepadatan kendaraannya sekitar 70% karena banyak pendukung timnas merah putih berkumpul di kafe-kafe dan di layar tancap untuk menonton sehingga sangat sedikit yang melakukan perjalanan.

3. Sebanyak 4000 petugas keamanan dikerahkan untuk mengamankan jalannya pertandingan di 
Senayan


Polda Metro Jaya akan mengerahkan sekitar 4.000 orang petugas untuk mengamankan pertandingan semifinal kedua Piala AFF 2010, Indonesia melawan Filipina, di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Petugas juga menyiagakan mobil water cannon dan ambulans.

"Ada penambahan sekitar 500 orang jadi jumlah petugas yang kira kerahkan sekitar 4.000 orang,' kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Baharudin Djafar kepada detikcom, Minggu (19/12/2010).

Baharudin menyatakan, jumah 4.000 orang itu belum termasuk petugas yang akan melakukan pengaturan lalu lintas di jalanan. "Itu belum termasuk yang ada di jalan," katanya.

Mengenai adanya pengalihan arus lalu lintas, Baharudin menjelaskan hal itu akan dilakukan tergantung situasi di lapangan. "Petugas dilapangan yang akan melakukan penilaian. Kalau memang diperlukan akan dilakukan," katanya.

Sekitar 900 petugas akan ditempatkan di sekitar area stadion untuk mengatasi kemacetan jalan yang terjadi. Personel polisi yang dikerahkan berasal dari wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.

Mereka merupakan petugas samapta, reserse, intel, lalu lintas, unit K-9 dan brimob. Selain itu akan dilibatkan pula personel TNI untuk menjaga keamanan (detik.news)

4. Pelatih Filipina memuji timnas Indonesia, penonton dan pelatih ke-12 Alferd Riedl


Pelatih Filipina, McMenemy, memuji timnas Indonesia yang semakin kuat, penonton Indonesia yang sangat cintad terhadap timnas merah putih dan Afred Riedl sebagai pelatih yang jenius dan mampu menyulap timnas merah puith menjadi tim sepak bola yang mapan.

"Fans di sini sangat luar biasa. Kalian benar-benar berusaha melakukan permainan mental selama 90 menit. Pemain ke-12 kalian benar-benar bekerja hari ini," puji Pelatih Filipina Simon McMenemy dalam konferensi pers usai pertandingan.

Seiring dengan pujian itu, McMenemy juga melayangkan komentar positif serupa terhadap wasit yang memimpin pertandingan Indonesia kontra Filpina.

"Saya sudah bilang kepada pemain-pemain saya, bahwa seluruh penonton di sini bakal meneriaki (untuk menurunkan mental) saat pemain Filipina jatuh."
smo