Tips instalasi komputer


1. Pemilihan OS

sebelum memilih OS kita harus mnimbang terlebih dahulu. Apa kegunaan komputer atw laptop bagi kita. Bagi para desainer program dan grafik sebaiknya memilih OS windows karena sekarang kebanyakan program sekarang berbasis windows. Bagi para pemula juga sebaiknya memilih windows karena operasinya simpel dan mudah dipelajari. Bagi para desainer 3D dan html sebaiknya memilih OS linux karena banyak fitur-fitur yang sangat efektif untuk membuat grafik 3D dan html. Bagi para hacker dan cracker sebaiknya memilih OS linux dan Mac OS karena memiliki aplikasi yang sangat handal dalam melakukan semua bentuk hacking dan cracking.




2. Pemilihan program

Program yang dilih sebaiknya yang kompetibel dengan OS yang dipilih, full (bukan trial) dan yang penting bagi aktivitas kita. Diusahakan juga memilih program yang terbaru agar firut-fitur yang tersedia terupdate dengan kegunaan sekarang.



 3. Pemilihan antivirus

Antivirus yang digunakan harus yang mudah diupdate, handal dan memiliki firewall. Selain itu, antivirus juga harus sesuai dengan spek yang dimiliki. Kalau speknya rendah sebaiknya memilih antivirus yang ringan (seperti smadav dan avira) dan bagi spek yang tinggi dapat memilih antivirus yang lebih berat asal sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam pengoperasiannya.


 4. Urutan instalasi driver

Urutan instalasi driver sangat penting untuk dilakukan. Kesalahan urutan dapat mengakibatkan hardware kita corrupte dan tidak berfungsi dengan baik. Bagi komputer dan laptop yang menggunakan windows xp dan vista urutannya adalah chipset, modem, vga, sound dan selanjutnya baru driver-driver lainnya. Keempat urutan pertama merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, selebihnya bebas mana yang lebih dulu diinstal. Bagi pengguna windows 7 dan linux tidak perlu instalasi driver karena sudah termasuk dalam paket OS nya, kecuali bagi hardware tambahan seperti modem GSM internal, vga tambahan dan lain-lain. Untuk instalasi antivirus sebaiknya terakhir karena biasanya beberapa crack program dianggap virus sehingga dapat terjadi corrupte dalam proses instalasi program lain.

 
5. Update

Hal terakhir yang harus kita lakukan dalam instalasi OS adalah mengupdate semua software di komputer atau laptop, yairu update OS, driver, program dan antivirus. Hal ini harus dilakukan agar fitur-fitur terbaru dari software dapat diperoleh dan menjaga agar laptop atw komputer kita aman dari virus, worm dan malware terbaru.

smo