Pulau Lemukutan dan pulau-pulau di sekitarnya, surga bawah air yang terabaikan




Pulau lemukutan dan gugusan pulau-pulau lainnya terdapat di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang. Bagi masyarakat Indonesia pada umumnya mungkin belum pernah tahu. Secara nyata, kondisi bawah air gugusan kepulauan ini lebih bagus dan rapi. Hal ini sesuai dengan penuturan penyelam yang mengatakan :

" Sebenarnya kondisi terumbu karang di gugusan Pulau Lemukutan lebih lengkap dan lebih rapi dari gugusan pulau Natuna"



Pulau-pulau yang memiliki terumbu karang yang indah dan sebagian besar masih alami adalah Pulau Lemukutan, Pulau Penata Besar dan Penata Kecil. Jenis-jenis biota laut yang bisa kita temukan disana adalah:

1. Berbagai jenis Anemon


2. Ikan nemo


3. Kima


4. Berbagai jenis Acropora (karang keras)


5. Rumput laut


6. Karang lunak


7. Berbagai jenis ikan eksotik


8. Padang lamun


9. Kepiting karang


10. Bulu babi (bahasa setempat: bulu mata)


11. Berbagai jenis timun laut (teripang)


12. Berbagai jenis cacing


13. Penyu


14. Sponge



15. Terumbu karang



Sebagian besar kawasan bawah laut ini masih kurang eksplorasi dan publikasi. Di kawasan pulau-pulau ini sampai sekarang hanya digunakan sebagai tempat penangkapan ikan, pembuatan bagan ikan teri dan rumput laut. Menurut Pak Thalib dan Bang Hendra (warga Pulau Lemukutan), sering terjadi pencurian dan pengeboman biota laut di kawasan ini sehingga sangat perlu dilakukan pengelolaan yang lebih serius dari pemerintah daerah.



Nah disini sangat perlu penanganan dari pihak-pihak yang bersangkutan, agar kelestarian SDA hayati di kawasan ini dapat terjaga. Betul kan???!!!!
smo