7 Kegunaan tambahan facebook



Facebook merupakan sistem jaringan sosial (social network) yang tidak asing lagi bagi kita. Pada dasarnya facebook dijadikan sebagai sarana pertemanan bagi hampir 100% penduduk di dunia. Dalam perkembangannya, sekarang facebook banyak dijadikan sarana2 alternatif bagi orang2 dalam beraktifitas, baik sebagai sarana dalam hal yang baik maupun dalam hal yang tidak baik. Berikut adalah penggunaan facebook bagi beberapa segelintir orang.

1. Butik online

Facebook merupakan sarana yang sangat ampuh dalam mempromosikan barang2 terutama bagi orang yang memiliki jaringan dan pertemanan yang luas.Sudah banyak orang yang mengambil untung dari sarana ini dan beberapa diantaranya ada sukses dalam berbisnis melalui facebook.


2. Gudang uang

Facebook dapat juga menjadi sarana dalam mencari uang dan bahkan hasilnya lumayan tinggi. Hal ini disebabkan orang2 banyak menggunakan aplikasi dan permainan (seperti zynga) yang hasilnya dapat diperjualbelikan dalam dunia nyata. Misalnya saja mavia wars, zynga poker dan farmville. Jenis2 permainan ini sangat populer diantara facebooker bahkan ada yang menggunakan facebook hanya untuk permainan ini (bukan untuk pertemanan). Zynga texas hold'em poker yang paling populer karena chip hasil bermain sangat dengan mudah diperjualbelikan. Banyak orang yang mau membeli chip dalam jumlah banyak dan para pemain poker maya ini juga banyak yang hidup mewah dari hasil bermain poker ini. begitu juga mavia wars dan farville, barang2 atau item-item nya dapat diperjual belikan.

3. Phising, hacking dan penipuan

Facebook juga memberikan suatu kemudahan bagi orang-orang untuk melakukan phising, hacking dan penipuan. Dengan menggunakan data-data orang di facebook, para cyber crime ini dapat menembus akun-akun seperti yahoo, email, dll, dan hasilnya dapat dijadikan sebagai pencurian uang dan sabotase akun. Terutama bagi akun-akun orang-orang penting dan akun-akun pribadi. Tidak sedikit orang kehilangan uang di atm atau kartu kredit gara-gara berhasilnya para cyber crime menembus data-data pribadi orang yang ada di emailnya.


4. Sarana perlendiran atau prostitusi virtual

Dengan banyaknya orang yang online lewat facebook, sangat memudahkan para penjaja seks komersil untuk mempromosikan dirinya. Biasanya transaksi dilakukan dengan chatting dan pesan facebook. 


 5. Meningkatkan rating blog

Facebook dengan luasnya jaringan pertemanan dan mudahnya melakukan interaksi menjadikan facebook menjadi sasaran utama bagi para blogger untuk meningkatkan ratingnya. Hal ini didukung oleh mudahnya melakukan sharing ke jaringan pertemanan sehingga informasi mengenai blog dapat meluas dengan mudah. 





6. Sarana fitnah dan kambing hitam

Mudahnya membuat akun facebook memberikan keleluasaan bagi orang-orang untuk menfitnah dan mengkambing hitamkan seseorang yang dibencin. Akun facebook gadungan biasanya dibuat dengan mengkopi data-data dari akun facebook seseorang dan berteman dengan orang-orang yang sama. Hal ini menjadikan kabar palsu dapat disebarluaskan melalui jaringan pertemanan target.


 7. Media informasi terupdate

Mungkin kita pernah melakukan add pada laman-laman atau grup-grup yang ada di facebook, misalnya grup lowongan kerja, berita bola dll. Dengan adanga grup-grup ini, informasi-informasi yang kita inginkan dapt diperoleh dengan cepat dan terupdate. Ini memberikan kebaikan bagi para facebooker yang ingin mencari pekerjaan dan informasi-informasi aktual lainnya.



Hmmmm....berarti dengan adanya facebook dapat memberikan kebaikan dan keburukan bagi penduduk di dunia. Hal ini tergantung pada individual masing-masing. Dan saya yakin semua onliner di blog ini merupakan individual-individual yang menjadikan facebook sebagai sarana yang baik.....siiip kan....!!!!!!
smo