Pembibitan pohon yang komersil


Kebutuhan akan rumah semakin meningkat seiring meningkatnya jumlahpenduduk. Dengn semakin banyaknya kegiatan pembangunan rumah dibutuhkan kayu yang semakin banyak pula. Dahulu kayu diperoleh dari hutan, namun seiring dengan berkurangnya areal hutan dan adanya pelrangan penebangan hutan, diperlukn suatu alternatif penyediaan kayu. Oleh karena itu sekarang sudah banyak dilakukan penanaman kayu di perkebunan. Jenis tanaman kayu yang memiliki potensi yang tinggi adalah kayu sengon dan jabon.

1. Kayu sengon

Dulunya tanaman ini dipandang sebelah mata, tetapi sekarang telah menjadi primadona bagi pengusaha HPH. Saat skarang kayu ini sudah menjadi incaran industri berbahan kayu. Hal ini disebabkan kayu ini cepat tersdia, murah dan mmiliki kualitas yang tidk kalah dengan kayu jenis lain.

2. Kayu jabon

Tanaman jnis ini juga memiliki kulaitas yang tidak kalah dengan jenis tanaman lainnya. Bahkan kayu ini memiliki kualitas yang lebih tinggi sehingga memiliki nilai komersil yang tinggi.

Di Kalimantan Barat penaman kayu jenis ini sudah dilakukan diberbagai tempat, dan yang telah terealisasi adalah pembibitan di Rasau Kabupaten Kubu Raya. Untuk mendapatkan bibitnya dapat dilakukan dengan melakukan survei di perkebunan atau untuk lebih mudahnya menghubungi pihak pembibitan yang sudah ada, seperti Hedi Hamdani (081256449365). Untuk melakukan pemesanan cukup menghubungi pemilik bibit dan segaa prsesnya dapat dilakukan dengan sistem kekeluargaan.
smo