Pahatan purba di Goa Timor



Ilmuwan Australia menemukan pahatan dari masa prasejarah di dinding goa ketika sedang berburu fosil tikus raksasa di Goa Lene Hara, Timor Leste. Para ilmuwan menduga pahatan itu berasal dari masa Pleistocene, lebih kurang 12.000 tahun yang lalu.

Pahatan menggambarkan wajah-wajah manusia prasejarah, salah satunya dengan ornamen kepala unik yang mendeskripsikan matahari. Pahatan jenis tersebut merupakan pertama dan satu-satunya di Timor Leste yang berasal dari masa Pleistocene.

Ken Aplin dari Australia Commonwealth Scientific and Research Organization (Csiro) yang terkait misi tersebut mengatakan bahwa ia menemukan pahatan tersebut secara tak sengaja. Saat melihat ke atas, senter di kepalanya tiba-tiba menyorot pahatan itu.

"Melihat ke atas dari lantai goa, senter kepala saya menyinari sesuatu yang tampak seperti pahatan. Saya melihat sekeliling dengan senter kepala saya dan melihat seluruh panel ukiran wajah manusia prasejarah pada dinding gua," katanya.

Aplin mengatakan, "Penduduk lokal yang bekerja dengan kami terpesona dengan penemuan tersebut. Mereka mengatakan bahwa wajah-wajah itu telah memilih hari tersebut untuk menampakkan diri sebab mereka bangga dengan apa yang kita lakukan."

Bentuk seni goa lain juga ditemukan dan diperkirakan berumur 30.000 tahun. Tahun lalu, pihak Csiro mengatakan bahwa mereka telah menemukan spesies tikus raksasa purba yang diduga memiliki ukuran sebesar anjing kecil.
Sumber: AFP
smo